UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

 

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan wadah yang menjadi tempat berhimpunnya mahasiswa dengan kesamaan minat, hobi, kegiatan, dan kreativitas. Bisa dikatakan, UKM adalah tempat mahasiswa mengasah bakat. Melalui UKM, mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar kegiatan belajar di kelas. Mahasiswa bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kegiatan UKM. Terdapat beragam macam unit kegiatan mahasiswa yang bisa kamu ikuti sesuai dengan keinginan.


Tujuan UKM

 

Tujuan dibentuknya UKM ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan diri. Mahasiswa diberikan tempat untuk menyalurkan hobi dan bakat di bidang seni, olahraga, penalaran, kewirausahaan, hingga keagamaan. Mahasiswa bebas menentukan UKM mana yang diinginkan dan berapapun jumlahnya asalkan mampu bertanggung jawab dengan pilihannya. Mengikuti UKM memberikan manfaat tertentu untuk mahasiswa terutama dalam hal pengembangan kemampuan dan keterampilan yang tidak didapatkan dalam proses belajar di kelas.


Manfaat Mengikuti UKM

 

Beberapa manfaat mengikuti UKM untuk mahasiswa adalah sebagai berikut.

  1. 1. Melatih kemampuan dalam menjalin hubungan sosial
  2. 2. Mengembangkan keterampilan dan kemampuan di bidang tertentu sesuai dengan ketertarikan dan bakat yang dimiliki
  3. 3. Memperluas pertemanan
  4. 4. Melatih kemampuan berkomunikasi
  5. 5. Mengasah kemampuan berorganisasi
  6. 6. Melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa
  7. 7. Meningkatkan kemampuan dalam menangani dan memecahkan masalah, dan masih banyak lagi

Dengan banyaknya manfaat mengikuti UKM ini, mahasiswa diharapkan berperan aktif dalam UKM. Mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan belajar di luar kelas dengan baik melalui UKM. Pengalaman ber-organisasi menjadi nilai tambah dalam proses pencarian kerja usai mahasiswa lulus nantinya.


Tips Memilih UKM Yang Tepat

Setelah mengetahui pengertian dan macam UKM di atas, mungkin Anda tertarik dengan salah satu di atas? Sebelum mahasiswa memilih UKM, mahasiswa perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini agar memilih UKM dengan tepat.

1. Ketahui UKM di Kampus UNSUB

Mahasiswa bisa mencari informasi melalui internet, bagian kemahasiswaan di rektorat, himpunan mahasiswa, atau kakak tingkat. Dengan mencari informasi selengkap mungkin, mahasiswa akan mendapatkan gambaran apakah UKM tersebut sesuai dengan minat atau tidak.

2. Tentukan UKM Berdasarkan Minat dan Bakat

Sebelum memilih UKM, sebaiknya ajukan pertanyaan pada diri sendiri: Apa yang aku sukai selama ini? Apa saja yang aku minati? Apa saja bakatku? Apakah aku akan senang melakukan kegiatan-kegiatan di UKM ini? Apakah aku menyukai kegiatan UKM ini? Apakah kegiatan UKM ini sesuai dengan minat dan bakatku selama ini? Apabila bingung, tak ada salahnya bertukar pikiran dengan seseoang yang anda percaya, sehingga mendapatkan sudut pandang yang berbeda dan membantu dalam menentukan UKM yang akan diikuti.

3. Pilih Jumlah UKM Secara Bijaksana

Pertimbangkan jumlah UKM yang akan diikuti, mahasiswa dibebaskan untuk mengikuti lebih dari satu UKM. Namun bukan berarti kebebasan tersebut tanpa konsekuensi. Jika mahasiswa tidak bisa mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan UKM, bisa-bisa mahasiswa tidak menjalani keduanya dengan maksimal. Jangan sampai kuliahmu terbengkalai.

Sumber:penerbitbukudeepublish.com/pengertian-ukm/


UKM di Kampus Unsub


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Universitas yang berada di bawah naungan BEM UNSUB. UKM berfungsi sebagai wadah berbagai minat dan bakat seluruh mahasiswa UNSUB. Dengan UKM Mahasiswa Universitas Subang diharapkan dapat meningkatkan kualitas diri dan kreatifitas yang tinggi. UKM yang ada di Universitas Subang diantaranya :

  • 1. Bidang Penalaran
  1. UKM Lembaga Pers Mahasiswa
  2. UKM Radio (US Radio)
  3. UKM Bahasa Asing (English Forum)
  • 2. Bidang Seni
  1. UKM Musik (Dapur Musik)
  2. UKM Lingkung Seni Sunda (LISES)
  3. UKM Vokal/Paduan Suara Mahasiswa
  4. UKM Seni Rupa dan Fotografi (Kakigraphy)
  • 3. Bidang Olahraga
  1. UKM Pecinta Alam Universitas Subang (PALAMUS)
  2. UKM Pencak Silat
  3. UKM Futsal
  4. UKM Sepak Bola
  5. UKM Tenis Meja
  6. UKM Bola Basket
  • 4. Bidang Kesejahteraan
  1. UKM Koperasi Mahasiswa Kopma UNSUB
  2. UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Subulussalam
  • 5. Bidang Khusus
  1. UKM Pramuka
  2. UKM Resimen Mahasiswa
  3. UKM Korps Sukarelawan
  4. UKM Kewirausahaan

UKM di Fikom Unsub


LensaFix

Unit kegiatan Mahasiswa (Universitas Subang) yakni Kakigrafi yang dibentuk oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi tahun 2007-2008 sampai 2014. Yang kemudian terbentuk komunitas lensafik dan cinemafix yang kemudian di gabung menjadi satu yakni Lensafix.

Lensafix sendiri dibentuk oleh mahasiswa angkatan 2011, bertujuan bukan untuk menggantikan Kakigrafi melainkan untuk menjadikan komunitas yang dapat memaksimalkan potensi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi di bidang fotografi dan vidiografi, sehingga ketika masuk atau mengurusi UKM kakigrafi mahasiswa sudah memiliki kemampuan dasar.

Lensafix merupakan komunitas khusus mahasiswa fakultas ilmu komunikasi yang mempunyai tujuan untuk memaksimalkan potensi sebagai wadah pelatihan internal dibidang fotografi dan vidiografi.

Seiringnya waktu kini Lensafix dikukuhkan sebagai Unit Kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan menjalankan program-program yang berkaitan dengan bidang fotografi dan vidiografi. Bahkan saat ini sedang diusulkan Lensafix untuk menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa.

Lensa fix juga berhasil mengadakan acara festival film pendek yang di lakasanakan desember 2018 lalu dengan menayangkan 3 film hasil garapan mahasiswa Fakultas Ilmu komunikasi.


US Radio

 Follow Us

 
 
U.S Radio 107.8 FM
 
 
Online

 

 

 

 

© Copyright 2019 - Fakultas Ilmu Komunikasi