Prodi Ilmu Komunikasi

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2711/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Subang terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B. Sertifikat akreditasi program studi sarjana ini berlaku 5 (lima) tahun, sejak tanggal 30-Juli-2019 sampai dengan 30-Juli-2024.

Kompetensi Lulusan S1 Ilmu Komunikasi

 

Visi dan Misi Prodi Ilmu Komunikasi

 

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Subang Jawa Barat dibekali dengan kemampuan, ketrampilan, etika, dan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar, teori-teori ilmu komunikasi dan studi-studi media, mampu memberikan analisis kritikal, menguasai aplikasi media kreatif, kemampuan manajerial serta metodologi sehingga mampu memahami dan menjelaskan permasalahan-permasalahan dalam masyarakat dan mampu merumuskan alternatif penyelesaian dari prespektif komunikasi dan studi media; memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisis secara kritis dan mensintesis fenomena komunikasi dan media dalam masyarakat; memiliki kemampuan mengelola kampanye marketing, public relations, sosial dan politik yang efektif dengan mendasarkan pada prinsip manajemen modern yang terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kompetensi dasar Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Subang Jawa Barat adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang ilmu komunikasi, hubungan masyarakat, dan periklanan; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang ilmu komunikasi dan/atau hubungan masyarakat dan/atau periklanan, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang ilmu komunikasi, hubungan masyarakat, dan periklanan, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Subang Jawa Barat memiliki kompetensi mengimplementasikan konsep, teori, metodologi ilmu komunikasi dan studi media serta mengembangkan kemampuan manajerial strategis serta kreatif media untuk kepentingan pembangunan, penyusunan kebijakan dan pemberdayaan masyarakat; memiliki kemampuan melakukan penelitian di bidang komunikasi massa secara umum, bidang kebijakan regulasi media secara khusus dan mampu menghasilkan kebijakan regulasi media secara internal maupun eksternal yang selaras dengan kepentingan sosial, ekonomi, politik, kultural yang berlaku.

   

Visi Prodi Ilmu Komunikasi

Visi Prodi S1 Ilmu Komunikasi mengacu pada Visi Universitas Subang dan Fakultas Ilmu Komunikasi adalah :

“Pada tahun 2023 menjadi Prodi S1 Ilmu Komunikasi terbaik di Jabar Utara, yang mandiri, unggul secara akademis, dan berdaya saing, serta berkontribusi maksimal pada Pembangunan Kabupaten Subang melalui pengabdian masyarakat yang berbasis keunggulan dan kearifan lokal.”

 
Misi Prodi Ilmu Komunikasi

Berdasarkan visi di atas, maka misi yang terkandung di dalamnya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kemandirian, tata kelola, penjaminan mutu, dan fasilitas penunjang akademis prodi melalui kegiatan penelitian kompetitif, kerjasama dengan pihak kementerian, swasta, dan lembaga donor, serta mengupayakan perolehan lebih banyak beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

2. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi di bidang Ilmu Komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional, kompeten, sesuai KKNI level 6, serta didukung kemampuan berbahasa (Indonesia, Inggris, dan lainnya) dan komputasi yang unggul sesuai dengan kebutuhan di era digital.

3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang memenuhi standar publikasi tingkat nasional dan internasional, melalui kerjasama aktif dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, institusi pemerintah, swasta, dan lembaga donor.

4. Meningkatkan daya saing dan serapan lulusan Prodi S1 Ilmu Komunikasi melalui kerjasama program magang (pemerintah, BUMN, swasta) dan sertifikasi profesi.

5. Berperan aktif dalam mendukung keberhasilan program pembangunan yang bertujuan meningkatan perekonomian wilayah dan kesejahteraan masyarakat (seperti kawasan industri Cipali dan Pelabuhan Patimban), dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Komunikasi.


Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Saat ini hampir seluruh universitas di Indonesia memiliki prodi ilmu komunikasi. Bahkan jurusan ilmu komunikasi merupakan salah satu program studi favorit di setiap universitas, jurusan ini salah satu jurusan penting di dunia kerja maupun bagi kehidupan bermasyarakat. 

Prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi juga sangat menjanjikan. Ini deretan pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi.

• Public Relations atau Humas

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga public relations. Public relations atau yang dikenal juga dengan hubungan masyarakat memiliki tugas membina hubungan yang baik antara perusahaan dan publik.
Selain menyampaikan informasi, humas berperan dalam membangun komunikasi dua arah. Saat kuliah, mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari hal-hal terkait kehumasan, sehingga dapat memilih pekerjaan ini ketika lulus.

• Content Creator

Di era industri 4.0 ini, perkembangan teknologi semakin canggih. Berbagai platform media sosial juga tersedia dan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memasarkan atau menginformasikan sesuatu. Sebut saja, YouTube, Podcast , Instagram dan lainnya.

Orang yang berperan dalam memproduksi materi informasi di media digital disebut content creator. Lulusan ilmu komunikasi akan sangat mudah menjadi seorang content creator karena saat di kuliah telah terbiasa mencari ide lalu menuangkannya menjadi tulisan, entah itu tulisan di bidang jurnalistik, periklanan, atau kehumasan.

• Jurnalis atau Reporter

Ilmu komunikasi lekat dengan mata kuliah yang bersinggungan dengan dunia jurnalistik. Mahasiwa ilmu komunikasi memperoleh pelajaran mengenai cara menulis artikel dan memproduksi berita. Tak hanya itu, di jurusan ini juga akan diajarkan cara berkomunikasi yang baik, yang secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan komunikasi maupun keterampilan menulis.

Kedua kemampuan inilah yang diperlukan untuk menjadi jurnalis atau reporter. Lulusan ilmu komunikasi dapat bergabung dengan perusahaan media dan memulai kariernya sebagai jurnalis.

• Bidang Periklanan

Bidang pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan ilmu komunikasi adalah periklanan. Kegiatan periklanan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengenalkan citra suatu merek produk.

Untuk memproduksi sebuah iklan, diperlukan kemampuan komunikasi yang baik agar para calon konsumen tertarik dengan produk yag ditawarkan. Iklan yang efektif menjadi penentu dalam suksesnya promosi produk.

• Penulis

Kemampuan merangkai kata dan informasi yang didapatkan saat kuliah di program studi ilmu komunikasi membuat lulusannya sangat cocok untuk menjadi seorang penulis. Banyak bidang penulisan yang bisa dipilih, mulai dari penulis bidang akademis, bisnis, hingga penulis kreatif.

Menjadi seorang penulis ini bisa dilakukan di blog maupun media lain dalam bentuk berita, artikel, atau karangan cerita, dan bentuk tulisan popular lainnya.

© Copyright 2019 - Fakultas Ilmu Komunikasi