MATA KULIAH FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SUBANG *

 

 

 

 

 

 

(*berpedoman pada perubahan/pengembangan kurikulum yang berlaku)

 


Deskripsi Mata Kuliah Ilmu Komunikasi - Revisi MK TA 2020-2021


Pendidikan Agama Islam I

Mata kuliah ini akan diawali dengan pemahaman tentang pengertian Agama Islam secara utuh dan menyeluruh. Selain keimanan akan dibahas pula ikhwal ibadah  yaitu kaidah yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan/khaliknya, antara manusia dengan sesamanya, dan antara manusia dengan makhluk lain dan alam. Selain diarahkan keterbinanya kesadaran untuk melaksanakan kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, pembahasannya juga tertuju ke arah kewajiban-kewajiban manusia kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negaranya. Berkaitan dengan materi di atas, ditekankan pula pembahasan sifat umum ajaran Islam tentang keserasian dan keseimbangan antara pola hidup dan ukhrowi.


Pendidikan Agama Islam II

Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mempunyai pemahaman agama yang kokoh, selaras dengan nilai – nilai universalitas, mampu memahami agama dalam konteks komunikasi. Menerapkan konsep cek dan ricek terhadap isu dan informasi yang berkembang di media maupun di masyarakat.

Pendidikan Agama Islam II ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar memahami tentang perspekti islam terhadap nilai – nilai kemanusiaan universal, Komunikasi,dan literasi media. Serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.


Komputer I ( Office )

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam pengoperasian microsoft office yakni microsoft word, excel, power point dan publiser. Sehingga diharapkan mampu mengaplikasikannya untuk penunjang proses komunikasi. 


Komputer II ( Grafis )

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan dalam hal aplikasi desain seperti corel draw, Photoshop, serta aplikasi editor lainnya.

Komputer II ( Grafis ) ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan dalam penggunaan  aplikasi desain grafis dan video editing untuk kepentingan komunikasi visul pemasaran dan kampanye.


Komputer III ( Cyber )

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk terampil dalam menguasai sistem aplikasi di internet. Mampu membuat email, blog dan website, media sosial dan memiliki keterampilan dalam pengelolaannya. 


Komputer IV ( SPSS )

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk cakap dalam penginputan, pengolahan dan penyajian data melalui aplikasi SPSS,  sehingga memudahkan dalam proses penyajian data penelitian. 

Komputer IV ( SPSS ) ( Smstr IV ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata kuliah yang membekali mahasiswa kemampuan teknis untuk melakukan internet marketing dan SEO (Search engine optimation).


Bahasa Indonesia

Mata ajaran Bahasa Indonesia mengajak mahasiswa membahas bersama masalah-masalah yang berhubungan dengan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia. Mahasiswa setelah selesai mengikuti mata pelajaran ini akan mampu membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara dengan penalaran yang benar serta didukung dengan penggunaan ejaan dan kalimat baku. Dengan kemampuan seperti itu para mahasiswa diharapkan akan mengatasi kesulitan-kesulitan yang umum ditemui dalam pembuatan karya-karya ilmiah yang disyaratkan agar menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 


Bahasa Inggris I

Setelah mempelajari mata ajaran ini diharapkan mahasiswa bisa membaca literatur dalam bahasa Inggris. Materi yang akan disajikan reading, comprehension, vocabulary exercise, structure exercise translation, organizing ideas, dengan penekanan pada kemampuan membaca literatur dalam bahasa Inggris. 


Bahasa Inggris II

Mata ajaran ini merupakan kelanjutan dan bermaksud mendalami apa yang telah diperoleh pada mata ajaran Bahasa Inggris I. Mata ajaran ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa lebih lanjut agar lebih menguasai kemampuan membaca bahan-bahan kepustakaan ilmiah di bidang ilmu-ilmu sosial (sesuai dengan kekhususan menurut program studinya) yang tertulis di dalam Bahasa Inggris. 

Bahasa Inggris II ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mahasiswa mampu memahami dan memiliki kemampuan membaca  dan menulis karya ilmiah dalam bahasa inggris.


Pendidikan Pancasila

melalui mata kuliah ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memahami substansi falsafah Pancasila berikut perkembangannya menjadi ideologi yang memenuhi syarat sebagai kaidah fundamental negara. Pembahasan-pembahasan yang dikembangkan dalam mata pelajaran ini meliputi pengertian Pancasila, UUD 1945 Kedudukan dan Fungsi Pancasila, Pancasila sebagai sistem, filsafat, dan ideologi Pancasila. 


Kewarganegaraan

Mata ajaran Kewarganegaraan ini akan membahas masalah-masalah wawasan ketahanan nasional bangsa Indonesia dalam rangka usaha mewujudkan cita-cita nasional. Pembahasan dilakukan dua cara pendekatan yang telah diserasikan, ialah pendekatan kesejahteraan dan pendekatan keamanan. Dalam mata ajaran ini akan pula menuntut para mahasiswa ke arah pemahaman politik strategi nasional Indonesia yang di dalam pengamanannya tidak dapat dipisahkan dari fungsi politik strategi Pertahanan Nasional sebagaimana telah dijabarkan dalam satu sistem komprehensif yang disebut sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta. 

Kewarganegaraan ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mahasiwa mampu memahami dan dapat memanfaatkan komunikasi dalam melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara pada bidang ekonom,politik,sosial budaya ,dan pertahanan dan keamanan.


Sistem Hukum Indonesia

Mata kuliah PIH berupaya memberikan bekal kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat memahami, mengevaluasi dan menganalisis   ruang lingkup ilmu hukum, berbagai pengertian hukum, sumber hukum, norma-norma yang berkembang dalam masyarakat, fungsi dan peran hukum, subyek dan obyek hukum, peristiwa hukum, penafsiran hukum, bentuk-bentuk hukum, cara mengisi kekosongan hukum dan politik hukum Indonesia. 


Sistem Komunikasi Indonesia

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, definisi komunikasi, komponen komunikasi, prinsip-prinsip dasar komunikasi, sejarah, proses, model-model dan bentuk komunikasi, ruang lingkup, persepsi, mendengarkan serta etika dalam berkomunikasi. 


Sistem Ekonomi Indonesia

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang teori Sistem Ekonomi Indonesia. Mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia mengulas tentang histori perkembangan sistem perekonomian dan pembangunan ekonomi Indonesia.   Melalui mata kuliah ini, peserta didik diharapkan mampu memahami sistem ekonomi Indonesia secara historical dan mengasah pemikiran kritis peserta didik dalam memahami kondisi  ekonomi Indonesia. 


Sistem Politik Indonesia

Dalam mata kuliah ini para mahasiswa diharapkan akan mampu memahami konsep-konsep dasar ilmu politik. Untuk mencapai tujuan para mahasiswa akan diajak mempelajari konsep-konsep berikut ini: politik, pemerintahan, kekuasaan, sistem politik (demokrasi, totaliter, autokrasi) dan sistem ekonomi (kapitalisme dan sosialisme) serta struktur dan peranan politik. 


Ilmu Kealaman Dasar

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip IPA umum, cara bagaimana terjadinya fenomena alam,mengumpulkan informasi kejadian Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan para mahasiswa dapat menemukan berbagai sikap, nilai harga diri dan sifat kemanusiaan yang sangat bermanfaat untuk alam untuk dianalisa, dan disimpulkan, perkembangan alam fikiran manusia. 


Sistem Sosial Budaya Dasar

Melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai konsep sosiologik seperti kehidupan bermasyarakat, norma atau kaidah sosial, sanksi dan proses sosialisasi, pengelompokan sosial dan bentuk struktural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peranan sosial, proses interaksi sosial, dan perubahan sosial (berikut persoalan sebab serta akibat). Mata ajaran ini akan mengedepankan persoalan budaya dasar, kehidupan masyarakat manusia. 

Budaya yang memiliki dimensi ideal normatif, seta terungkap dalam bentuk simbol-simbol, akan dibahas bertalian dengan asalnya, pemeliharaan seta kelestariannya proses perubahannya, dan fungsinya yang hakiki sebagai sarana pelestari kehidupan manusia. Dalam manifestasinya sebagai pola perilaku, budaya,  akan dibahas dan dikedepankan dalam kontek-kontek kehidupan kekeluargaan dan kekerabatan, stratifikasi sosial, kehidupan politik dan ekonomi, serta dalam kontek kehidupan seni, religi dan magis. 


Logika

Pengajaran mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pikirmemikir cara formal; deduksi, induksi, argumen kumulatif dalam konteks rasionalitas stricto sensu, identifikasi bentuk-bentuk pikiran yang valid; sebab-sebab kekeliruan berpikir; identifikasi nama-nama kesalahan berpikir. 


Filsafat Ilmu

Matakuliah filsafat ilmu (the Philosophy of natural science) memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan, berfikir logis dan rasional, berfikir deduktif dan induktif, metode ilmiah- kekuatan dan kelemahannya, proses, produk, dan sikap ilmiah. Para tokoh filusuf dan pemikirannya sepanjang sejarah peradaban manusia juga dibahas dalam matakuliah ini. Matakuliah ini juga membahas tatacara pengambilan kesimpulan melalui silogisme, teori peluang matematis dan analisis statistik. 

Filsafat Komunikasi ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Matakuliah filsafat ilmu (the Philosophy of natural science) memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang akar pengetahuan ilmu komunikasi ,meliputi ontolgi,efistemologi,axiologi dan metodologi.


Psikologi Komunikasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang karakteristik manusia dilihat dari aspek psikologi dalam konteks komunikasi; system dan proses komunikasi intrapersonal; psikologi komunikasi interpersonal, kelompok dan massa; psikologi komunikator; psikologi pesan, dan tentang perilaku dan proses manusia dalam berorganisasi, serta interaksi yang terjadi di dalamnya. 


Sosiologi dan Antropologi Komunikasi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar tentang ilmu kemasyarakatan. Tujuannya adalah untuk membuat mahasiswa memahami konsep dasar sosiologi, masyarakat, dan sistem kemasyarakatan. Selanjutnya mereka mampu mengaitkan konsep- konsep dasar sosiologi dalam kehidupan sehari-hari dan menganalisis fenomena sosial dengan menggunakan pemahaman sosiologi. Kemampuan ini menjadi penting bagi mahasiswa jurnalistik karena sebagai jurnalis mereka akan bekerja di tengah-tengah masyarakat dengan kondisi sosiologi yang berbeda-beda. 


Teori Komunikasi

Pengajaran mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian tentang teori komunikasi dan pengetahuan; teori dalam proses penelitian, teori system; teori-teori tentang isyarat dan bahasa; teori-teori wacana; teori-teori pembuatan pesan; teori-teori penerima dan pemrosesan pesan; teori-teori tentang interaksi simbolis; teori-teori realitas social dan budaya; teori-teori pengalaman dan interpretasi; teori-teori kritis; komunikasi dalam hubungan-hubungan;, teori-teori komunikasi kelompok, teori komunikasi organisasi, dan teori komunikasi massa, serta trend-trend baru dalam teori komunikasi. 

Teori Komunikasi ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mahasiswa dibekali pemahaman tentang konsep  dan fungsi teori ,konteks dan sejarah perkembangan teori komunikasi,serta penggunaan teori untuk memahami fenomena komuikasi dalam kehidupan sosial.


Pengantar Ilmu Jurnalistik

Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik ini membahas tentang pengertian dasar-dasar Jurnalistik, sejarah dan ruang lingkup jurnalistik, mengetahui fakta, berita, dan berbagai produk jurnalistik, keterampilan jurnalistik dasar, meliputi penulisan berita dan struktur organisasi media.

Pengantar Ilmu Jurnalistik ( Smstr III ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik ini membahas tentang pengertian dasar-dasar Jurnalisme dan jurnlistik ,etika jurnalstik, sejarah dan ruang lingkup jurnalistik, ragam karya dan media jurnalistik,hubungan jurnalistik dan masyarakat,politik,teknologi ,ekonomi pada era revolusi industri termutakhir.


Komunikasi Massa

Pengajaran mata kuliah ini bertujuan memberikan pengertian kepada mahasiwa tentang pengertian, karakteristik, komponen-komponen, model-model komunikasi massa; proses komunikasi dua tahap; hukum dan etika media massa; efek komunikasi massa; hambatan-hambatan komunikasi massa; komunikasi massa dalam sistem pemerintahan serta teori-teori komunikasi massa. 


Komunikasi Kelompok

Konsep dasar komunikasi kelompok, karakteristik komunikasi kelompok, model-model komunikasi kelompok, proses komunikasi dalam kelompok, strategi dan teknik diskusi kelompok, teknik forum, panel, workshop, seminar, teknik pengambilan keputusan, teknik pemecahan masalah,teknik berbicara dan mendengar dalam proses komunikasi kelompok,serta keterampilan membentuk tim kerja yang efektif. 


Komunikasi Organisasional

Mempelajari mengenai pengelolaan komunikasi dalam konteks organisasi, yang meliputi konsep dasar dan teori organisasi, proses komunikasi organisasional, efektivitas komunikasi organisasional, dan faktor-faktor pengaruhnya. Serta kemampuan keterampilan mengelola hubungan antarpribadi dan kelompok dalam komunikasi organisasional, merancang, menganalisis, dan mengevaluasi, strategi pengembangan organisasi, dan keterampilan pengelolaan sumber daya komunikasi organisasi, serta aplikasinya dalam berbagai konteks organisasi. 


Komunikasi Antar Pesona

Komunikasi Antar Pribadi berisi pembelajaran mengenai pemahaman tentang konsep dasar dan teori-teori komunikasi antar pribadi. Selanjutnya, mahasiswa akan dibekali dengan pemahaman tentang bagaimana membangun konsep diri positif, juga teknik-teknik mengelola komunikasi antar pribadi yang efektif melalui pengelolaan pesan verbal dan nonverbal. 


Pengantar Manajemen Komunikasi

Menjelaskan Konsep dasar Manajemen Komunikasi, ruang lingkup kajian Manajemen Komunikasi, pentingnya aspek manajemen dalam melakukan komunikasi efektif, dan pengetahuan dasar tentang pengelolaan berbagai bentuk media, dan teknik komunikasi.

Pengantar Manajemen Komunikasi ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Menjelaskan Konsep dasar Manajemen komunikasi,dengan  Ruang lingkup kajian Manajemen Komunikasi,model-model dan metode manajemen komunikasi serta pengetahan dasar tentang pengelolaan media dan sumbrdaya komunikasi lainnya.


Pengantar Ilmu Hubungan Masyarakat

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang kualifikasi yang harus dimiliki humas, evolusi dan sejarah humas, definisi –definisi Humas; Publik humas; aplikasi humas dalam perusahaan, politik dan pemerintahan; humas internasional, organisasi non profit, lembaga pendidikan, hiburan, olahraga dan travel; komunikasi dan opini publik; pentingnya humas membina hubungan pers; pentingnya etika profesi humas; strategi dan teknik manajemen humas; strategi humas dan teknologi; organisasi profesional humas; penelitian humas dan penanganan krisis. 

Pengantar Ilmu Hubungan Masyarakat ( Smstr II ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang Definisi Humas , sejarah humas,kualifikasi yang harus dimiliki humas, Publik humas, aplikasi humas dalam perusahaan, politik dan pemerintahan, hubungan internasional, organisasi non profit, lembaga pendidikan, hiburan, olahraga dan travel; komunikasi dan opini publik; pentingnya humas membina hubungan pers; pentingnya etika profesi humas; strategi dan teknik manajemen humas; strategi humas dan teknologi; organisasi profesional humas; penelitian humas dan penanganan krisis.


Fotografi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa dalam bidang fotografi, mulai dari memahami pengertian fotografi, sejarah singkat fotografi, anatomi dan fisiologi kamera, pencahayaan dan penyiaran, film, komposisi, depth of field; pengertian filter dan penggunaannya, pemotretan dan prosesnya, foto ilustrasi, foto model, foto still file, foto periklanan, foto studio, program slide, foto digital, kegiatan fotografi sebagai profesi.

Fotografi ( Smstr IV ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa dalam bidang fotografi, mulai dari memahami pengertian fotografi, sejarah singkat fotografi, anatomi dan fisiologi kamera, pencahayaan dan penyiaran, film, komposisi, depth of field; pengertian filter dan penggunaannya, pemotretan dan prosesnya, foto ilustrasi, foto model, foto still file, foto periklanan, foto studio, program slide, foto digital, kegiatan fotografi sebagai profesi.


Komunikasi Politik

Mata kuliah yang membahas tentang pengertian dan ruang lingkup komunikasi politik, termasuk di dalamnya sistem, unsur-unsur dan struktur komunikasi politik. Selanjutnya mahasiswa akan mampu menganalisa fenomena sosial dari perspektif komunikasi politik. 


Komunikasi Bisnis

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pengertian dan aspek komunikasi bisnis; lingkup komunikasi bisnis; prinsip menerima dan mengirim komunikasi; media komunikasi bisnis; pokok-pokok strategi komunikasi bisnis; jenis-jenis komunikasi bisnis; business writing dan business speaking. 

Praktikum: Presentasi bisnis dan penyusunan surat-surat bisnis.

Komunikasi Bisnis SMstr IV ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pengertian dan aspek komunikasi bisnis; lingkup komunikasi bisnis; prinsip menerima dan mengirim pesan bisnis; media komunikasi bisnis; pokok-pokok strategi komunikasi bisnis; jenis-jenis komunikasi bisnis; business writing dan business speaking.

Praktikum: Presentasi bisnis dan penyusunan surat-surat bisnis.


Komunikasi Lintas Budaya

Mata kuliah ini berisi tentang teori, praktik serta konsekuensi dalam menghadapi proses komunikasi dalam lingkup kebudayaan yang berbeda, baik kebudayaan dalam arti suku bangsa maupun kebiasaan sehari-hari. Dalam mata kuliah ini dipelajari juga strategi dalam memperoleh dan menyiarkan informasi secara lintas budaya, termasuk dalam kegiatan peliputan berita dan wawancara. Setelah selesai mengikuti mata kuliah komunikasi lintas budaya, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep toleransi antar budaya, memiliki kemampuan adaptasi, empati serta pikiran terbuka untuk menerima perbedaan, dan memiliki kemampuan komunikasi antar pribadi yang berguna untuk menjalin hubungan dengan sumber informasi berikut pertimbangan bijak dalam menyiarkannya dalam lingkungan sosial budaya yang berbeda. 

Komunikasi Lintas Budaya ( Smstr IV ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata kuliah ini berisi tentang teori, praktik serta konsekuensi dalam menghadapi proses komunikasi dalam lingkup kebudayaan yang berbeda, baik kebudayaan dalam arti suku bangsa maupun kebiasaan sehari-hari. Dalam mata kuliah ini dipelajari juga strategi dalam memperoleh dan menyiarkan informasi secara lintas budaya, termasuk dalam kegiatan peliputan berita dan wawancara. Setelah selesai mengikuti mata kuliah komunikasi lintas budaya, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep toleransi antar budaya, memiliki kemampuan adaptasi, empati serta pikiran terbuka untuk menerima perbedaan, dan memiliki kemampuan komunikasi antar pribadi yang berguna untuk menjalin hubungan dengan sumber informasi berikut pertimbangan bijak dalam menyiarkannya dalam lingkungan sosial budaya yang berbeda.


Produksi RTF

Melatih mahasiswa memproduksi acara siaran radio mulai dari perencanaan acara siaran, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara. Melatih mahasiswa memproduksi acara siaran TV dari mulai perencanaan materi acara, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara. Mahasiswa akan mempelajari tentang film sebagai media komunikasi massa dengan penekanan pada kegiatan praktikum berupa development ide cerita, pra produksi, produksi dan pasca produksi film pendek. Pada awal semester, mahasiswa akan belajar tentang tahapan penulisan skenario dan pra produksi film pendek.

Pada pertengahan semester, mahasiswa harus melaksanakan proses produksi film hingga proses editing film. Di akhir semester, mahasiswa diharapkan mampu melakukan kegiatan publisitas dan pemutaran film pendek karya mereka. 


Periklanan

Mata kuliah ini membahas periklanan sebagai metode komunikasi, kedudukan periklanan dalam dunia bisnis; arti dan pentingnya periklanan; pemilihan media periklanan; menyusun pesan kreatif dalam iklan; pengorganisasian periklanan; kode etik dan tata cara periklanan di Indonesia serta membuat scenario, story board dan memproduksi satu prioduk iklan komersial untuk televisi serta presentasi hasil produksi iklan. 

Praktikum : Membuat satu prototype iklan produk komersial untuk media televisi dengan mengindahkan kaidah-kaidah yang berlaku dan kode etik serta tatacara periklanan di Indonesia. 


Reka Bentuk Media Cetak / Dasar – dasar Komunikasi  Visual

Pengajaran mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian komunikasi visual secara teori dan praktek, meliputi: pengertian komunikasi visual, proses komunikasi; strategi komunikasi; komunikasi visual grafik; komunikasi visual bahan tiga dimensi; komunikasi visual bahan mikro; komunikasi audio visual bahan rekaman; komunikasi audio visual bahan film; komunikasi audio visual multi media; alat-alat komunikasi audio visual; alat baca komunikasi audio visual; alat pemutar komunikasi audio visual; pembuatan story board, skenario untuk komunikasi audio visual; proses produksi komunikasi audio visual. 


Retorika dan Public Speaking

Mata kuliah ini membahas teknik berbicara yang efektif, baik untuk komunikasi interpersonal maupun untuk komunikasi publik. Tujuan utamanya untuk mengembangkan kemampuan berbicara bagi mahasiswa. Hal ini berguna karena mahasiswa jurnalistik akan bertemu dengan tugas yang mengharuskan mereka untuk berbicara secara efektif dengan nara sumber atau khalayak. Kuliah ini tidak saja memberikan teori tetapi lebih lanjut memberi kesempatan mahasiswa untuk melakukan praktik baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang prinsip-prinsip “public speaking”, dan “oral communication”, persiapan pidato, penyusunan pidato, corak pidato, penyampaian pidato, dan praktek berbagai jenis dan teknik pidato. 

Praktikum : praktek Public Speaking. 


Opini Publik

Mata kuliah ini memberikan pengertian dan pemahaman manusia tentang hakekat opini publik; pengertian opini publik; proses pembentukan opini publik; manfaat, tujuan, sifat dan macam-macam serta prinsip-prinsip opini publik; proses kebijakan dan pengukuran serta kompetensi opini publik. 

Praktikum: Menganalisis opini yang besifat kontoversi yang berkembang di masyarakat. 


Perencanaan Komunikasi

Mata kuliah perencanaan program komunikasi akan memberikan pengetahuan sekaligus ketrampilan tentang bagaimana membuat atau mendesign rancangan pelaksanaan bentuk kegiatan komunikasi yang diawali dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai pada monitoring dan evalusi program kegiatan komunikasi. Konsep PDCA (Plan, Do, Cek, Action) diaplikasikan dalam pembuatan perencanaan komunikasi dengan memperhatikan aspek unsur-unsur komunikasi seperti siapa komunikatornya, aspek pesan, media yang digunakan, segmentasi obyek sasarannya serta dampak atau efek yang dihasilkan dari pesan tersebut. Materi perencanaan program komunikasi adalah  pemahaman perencanaan program komunikasi; perspektif komunikasi untuk perencanaan program komunikasi;  analisis masalah;  menetapkan khalayak; perencanaan sumber/komunikator;  perencanaan dan pengembangan pesan;  perencanaan dan produksi media;  perencanaan khalayak; Dampak/ efek media perencanaan program komunikasi;  strategi membuat perencanaan komunikasi serta   strategi melakukan monitoring dan evaluasi program komunikasi. 


Manajemen Pengetahuan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap knowledge management yang mencakup teori, teknologi, dan perangkat yang dapat digunakan dalam mengelola knowledge. Pengembangan knowledge management itu sendiri disesuaikan dengan strategi bisnis sehingga memberikan dampak yang optimal terhadap organisasi. 

Manajemen Pengetahuan ( Smstr V ) Perubahan MK TA 2020/2021 :

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap knowledge management yang mencakup teori, teknologi, dan perangkat yang dapat digunakan dalam mengelola knowledge. Pengembangan knowledge management itu sendiri disesuaikan dengan strategi manajemen komunikasi sehingga memberikan dampak yang optimal terhadap organisasi.


Audit Komunikasi

mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, manfaat , proses dan tujuan audit komunikasi. Penentuan ruang lingkup audit: Proses pengumpulan informasi untuk penentuan organisasi yang akan diaudit. Elemen audit komunikasi: pesan, saluran/media, dampak. Menerapkan etika secara profesional; Karakteristik auditor komunikasi yang baik dalam Humas. 


Penulisan Berita dan Feature

Mata Kuliah Penulisan Berita & Feature  merupakan kebutuhan yang sangat fundamental bagi mahasiswa prodi ilmu komunikasi, dengan memahami dan menerapkan  teknik penulisan berita dan feature. Mencari, Meliput,Menulis Berita dan nilai berita, Mengenali Sumber Berita dan Teknik Wawancara penulisan feature, karakteristik feature, jenis – jenis feature, teknik menulis feature serta unsur – unsur pokok di dalam feature. Memiliki kemampuan dan keterampilan yang cakap dalam menulis berita dan feature. 


Manajemen Kampanye

Mata Kuliah Manajemen Kampanye berisi pengajaran mengenai konsep – konsep dasar tentang Manajemen Kampanye yang akan membantu mahasiswa dalam merencanakan dan melaksakan program kampanye secara menyeluruh, mulai dari desain program, eksekusi, sampai dengan evaluasi akhir. Pengetahuan konsep ini meliputi, pengertian dan karakteristik kampanye, jenis – jenis kampanye, penentuan isu, analisis situasi, penetuan tujuan, strategi dan taktik; perencanaan program, monitoring; dan evaluasi. Mahasiswa akan melaksanakan atau menjalankan program kampanye yang sudah selesai didesain, pelaksanaan evaluasi dan presentasi hasil seluruh kegiatan dan diakhiri dengan melakukan kegiatan monitoring terhadap segala pencapaian dan kendala pelaksaan program. 


 

© Copyright 2019 - Fakultas Ilmu Komunikasi