Program Studi Study Program

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang tersebut.

Kompetensi Lulusan S1 Ilmu Komunikasi

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Subang Jawa Barat dibekali dengan kemampuan, ketrampilan, etika, dan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar, teori-teori ilmu komunikasi dan studi-studi media, mampu memberikan analisis kritikal, menguasai aplikasi media kreatif, kemampuan manajerial serta metodologi sehingga mampu memahami dan menjelaskan permasalahan-permasalahan dalam masyarakat dan mampu merumuskan alternatif penyelesaian dari prespektif komunikasi dan studi media; memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisis secara kritis dan mensintesis fenomena komunikasi dan media dalam masyarakat; memiliki kemampuan mengelola kampanye marketing, public relations, sosial dan politik yang efektif dengan mendasarkan pada prinsip manajemen modern yang terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kompetensi dasar Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Subang Jawa Barat adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang ilmu komunikasi, hubungan masyarakat, dan periklanan; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang ilmu komunikasi dan/atau hubungan masyarakat dan/atau periklanan, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang ilmu komunikasi, hubungan masyarakat, dan periklanan, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Subang Jawa Barat memiliki kompetensi mengimplementasikan konsep, teori, metodologi ilmu komunikasi dan studi media serta mengembangkan kemampuan manajerial strategis serta kreatif media untuk kepentingan pembangunan, penyusunan kebijakan dan pemberdayaan masyarakat; memiliki kemampuan melakukan penelitian di bidang komunikasi massa secara umum, bidang kebijakan regulasi media secara khusus dan mampu menghasilkan kebijakan regulasi media secara internal maupun eksternal yang selaras dengan kepentingan sosial, ekonomi, politik, kultural yang berlaku.

 

Visi Prodi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Subang dalam proses perkembangannya memiliki visi sebagai berikut :

Pada jangkauan dua puluh tahun ke depan, menjadikan ilmu komunikasi sebagai program studi yang mandiri dalam penyelenggaraan, kontributif dalam perkembangan masyarakat subang dan kompetitif di bidang ilmu komunikasi global.

 

Misi Prodi Ilmu Komunikasi

Berdasarkan visi di atas, maka misi yang terkandung di dalamnya adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi di bidang ilmu komunikasi bagi masyarakat sebagai wahana untuk menghasilkan sarjana yang berkualitas, profesional, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
  2. Mengembangkan penelitian untuk berperan aktif dalam peningkatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang ilmu komunikasi.
  3. Memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengabdian masyarakat di bidang ilmu komunikasi.

 

 

Why Fikom?

Fikom merupakan