Wednesday, October 23, 2019

Berita an information from faculty

Membiasakan diri untuk membaca sepertinya sangat sulit dilakukan masyarakat Indonesia, hal tersebut bisa kita lihat dari hasil survei Central Connecticut State University (CCSU) pada Maret 2016 yang menempatkan Indonesia diperingkat 61 dari 62 negara mengenai literasi. Ditambah lagi dengan fasilitas yang kurang memadai khususnya di daerah kecil seperti kabupaten Subang.

 

Fasilitas umum seperti perpustakaan daerah seperti kurang baik dalam pengelolaannya, hal tersebut bisa dilihat dari kelengkapan koleksi bukunya dan tempatnya yang tidak menarik minat masyarakat untuk berkunjung, masalah tersebut seharusnya menjadi fokus pemerintah daerah dalam memajukan sumber daya manusianya.

Toko buku yang seharusnya menjual kebutuhan gizi otak manusia sangat sulit ditemui di daerah tercinta kita ini. Kita hanya bisa menjumpai satu atau dua kali dalam setahun event seperti bazar buku dan Gramedia Expo yang belum lama ini diselengarakan meskipun kembali kita lihat sangat sepi pengunjung, saya pernah iseng menanyakan kepada salah satu panitia Gramedia Expo pada waktu itu “Kapan mas Gramedia buka cabang di Subang?” Tentunya saya sudah memprediksi jawaban dari pertanyaan tersebut “Aduh mas dilihat dari pengunjungnya saja dari kemarin sangat sedikit.”